Posted by : Unknown Rabu, 27 Maret 2013

Skripsi adalah laporan penelitian yang dituangkan dalam bentuk karya tulis (karya tulis ilmiah) yang disusun menurut kaidah keilmuan dibawah pengawasan atau pengarahan dosen pembimbing. Skripsi dibuat sebagai salah satu persyaratan menyelesaikan program studi yang merupakan tugas akhir bagi mahasiswa. 
  1. PEDOMAN PENULISAN

Susunan pedoman penulisan karya tulis ilmiah secara umum dibagi dalam tiga bagian yang terdiri atas:
1.        AWAL LAPORAN
2.        ISI LAPORAN
3.        AHIR LAPORAN
  1. AWAL LAPORAN
Bagian awal laporan terdiri dari:
    1. Halaman sampul
    2. Halaman judul
    3. Halaman pengesahan
    4. Kata pengantar
    5. Ucapan terimakasih
    6. Abstrak (dalam bahasa Indonesia, Arab dan Inggris)
    7. Daftar isi
    8. Daftar table (jika ada)
    9. Daftar gambar (jika ada)
    10. Daftar lainnya (jika ada)
    11. Daftar lampiran (jika ada)

a.    Halaman Sampul
Halaman sampul adalah halaman terdepan yang pertama kali dibaca dalam suatu karya tulis ilmiah. Halaman sampul harus dapat memberikan informasi singkat kepada pembaca tentang karya tulis ilmiah yang berupa judul, identitas penulis, institusi dan tahun pembuatan. Ketentuan menyangkut penulisan dapat dilihat di bagian C.4 dan pada contoh halaman sampul pada lampiran 1.
b.    Halaman Judul
Secara umum informasi yang diberikan pada Halaman Judul sama dengan Halaman Sampul, hanya saja pada halaman judul biasanya dicantumkan informasi tambahan, yaitu untuk apa karya tulis ilmiah tersebut dibuat. Ketentuan menyangkkut penulisan bisa dilihat pada bagian C.5 dan pada contoh Halaman Judul pada lampiran 2.
c.    Halaman Pengesahan
Halaman Pengesahan untuk menjamin keabsahan karya tulis ilmiah atau pernyataan diterimanya skripsi sebagai karya tulis ilmiah oleh institusi penulis. Ketentuan menyangkut mengenai penulisan dapat dilihat di C.6 dan pada Contoh Halaman Pengesahan pada lampiran 3.
d.    Kata Pengantar
Halaman kata pengantar memuat pengantar singkat atas tulisan yang dibuat dan ucapan terima kasih atau penghargaan kepada pihak-pihak yang telah membantu dalam pembuatan karya ilmiah dan penulisannya tersebut. Sebaiknay ucapan terima kasih dan penghargaan tersebut mencantumkan bantuan yang mereka berikan, misalnya bantuan dalam memperoleh masukan, data, sumber-sumber informasi, serta bantuan dalam menyelesaikan Tugas Akhir tersebut. Ketentuan menyangkut penulisan bisa dilihat pada bagian C.7 dan pada contoh Kata Pengantar dalam lampiran 4.
e.    Ucapan Terimakasih
Halaman Ucapan Terima Kasih memuat tentang ucapan terima kasih dan penghargaan yang ditujukan kepada orang-orang atau lemaga isntitusi yang telah membantu penulisan karya tulis atau skripsi tersebut.
f.     Abstrak (dalam bahasa Indonesia, Arab dan Inggris)
Abstrak merupakan garis besar isi dari karya ilmiah yang memuat permasalahan, tujuan, metode penulisan, hasil dan kesimpulan yang diperoleh. Abstrak dibuat untuk memudahkan pembaca secara cepat mengerti tulisan untuk memutuskan apakah perlu dibaca lebih lanjut atau tidak. Ketentuan mengenai penulisan bisa dilihat pada contoh Abstrak pada bagian C.8 dan pada lampiran 5.
g.    Daftar isi
Daftar Isi memuat daftar tiap bagian penulisan beserta nomor halaman masing-masing, yang ditulis persis seperti isi yang bersangkutan.
h.   Daftar Table, Daftar Gambar, Daftar lainnya dan Daftar lampiran (jika ada)
Daftar table, Daftar gambar, Daftar lainnya dan Daftar lampiran digunakan untuk memuat tabel, gambar dan yang lain-lainnya yang digunakan dalam penulisan. Penulisan nama tabel, gambar dan yang lainnya mennggunakan huruf besar diawal kata (title case). Ketentuan menyangkut penulisan dapat dilihat pada bagian C.10 dan pada Contoh Daftar Gambar pada lampiran 7.

  1. ISI LAPORAN
Pembagian bab, isi laporan dan kesimpulan. Substansi laporan tugas akhir setidaknya terdiri dari 4 (empat) bab. Bab pertama membicarakan perihal latar belakang rumusan masalah, tujuan penelitian dan metode penelitan yang digunakan; bab kedua membahas tentang kajian teoritik yang dieksplor dari berbagai referensi; bab ketiga merupakan hasil analisis penelitian; dan bab terahir memuat dan rekomondasi penelitian.

  1. AHIR LAPORAN
Bagian ini trdiri dari:
a.    Referensi
Referensi merupakan daftar bahan bacaan atau referensi yang menjadi sumber dan dasar penulisan Tugas Akhir berupa buku, artikel, majalah atau surat kabar, wawancara, sumber yang diakses dari web di internet dan sebagainya.
b.    Lampiran (jika ada)
Lampiran merupakan data atau pelengkap atau hasil olahan yang menunjang penulisan Tugas Akhir tetapi tidak diletakkan pada Isi Laporan karena memngganggu kesinambungan pembacaan, lampiran yang perlu disertakan, dikelompokan menurut jenisnya, antara lain berupa: jadwal, tabel, daftar pertanyaan, gambar, grafik, desain, dan lain-lain.

C.       PENULISAN
Penampilan merupakan factor penting untuk mewujudkan Tugas Akhir (Skripsi) yang rapi dan seragam di lingkungan Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Muslim Asia Afrika Jakarta. oleh karena itu, untuk merealisasikan hal tersebut perlu diperhatikan beberapa aturan teknis sebagai berikut:
1.    Kertas
Spesifikasi kertas yang digunakan:
- Jenis                        : HVS
- Warna                      : Putih polos
- Berat                        : 80 gram
- Ukuran                    : A4 (21,5 cm x 29,7 cm)

2.    Pengetikan
Ketentuan pengetikan adalah sebagai berikut:
a.    Pengetikan dilakukan pada satu sisi kertas (single side)
b.    Posisi penempatan teks pada tepi kertas

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Welcome to My Blog

Popular Post

About

LINK SOBAT

Tips, Triks AdSense, Tutorial Blog, Free Download E-Book, Bisnis Penghasil Dollar, cara buka Paypal/Alertpay, tips google adsense, bisnis internet, pusat bisnis online, pulsamurah

COBADIBACA.COM

- Copyright © Debugers -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -